Forgot Password Register

Headlines

Perempuan Wajib Tahu! 4 Hal Sepele Pemicu Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara (Foto: Flickr) Ilustrasi kanker payudara (Foto: Flickr)

Pantau.com - Kanker payudara merupakan momok bagi kaum perempuan. Kanker payudara merupakan pembunuh nomor satu perempuan di Indonesia. Oleh karenanya penting bagi perempuan untuk sebisa mungkin menghindari faktor-faktor pemicu kanker payudara.

Terkadang kita tidak sadar bahwa beberapa hal sepele yang mungkin merupakan rutinitas sehari-hari merupakan pemicu terjadinya kanker payudara. 

Berikut ini adalah hal-hal sepele yang harus kamu perhatikan agar terhindar dari risiko kanker payudara:

1. Kurang berolahraga

Sudah bukan rahasia lagi kalau berolahraga memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, jadwal padat membuat banyak orang tidak sempat melakukan olahraga. 

Baca juga: Raih Kebahagiaan dengan Kualitas Tidur yang Baik, Fakta atau Mitos?

Kurang olahraga membuat penumpukan lemak dalam tubuh karena kurang aktif bergerak. Lemak yang menumpuk membuat tubuh memproduksi banyak hormon estrogen. Jika sel dalam jaringan payudara terpapar estrogen berlebih dalam jangka waktu panjang, risiko terkena kanker payudara pun jadi meningkat

2. Paparan cahaya berlebih di malam hari

Sebuah penelitian menunjukan bahwa perempuan yang bekerja pada jam malam berisiko lebih besar terkena kanker payudara. Pada kaitannya perempuan yang terkena paparan cahaya buatan seperti yang berasal dari komputer atau gadget lainnya memiliki risiko yang sama. 

Para ahli menilai peningkatan ini berhubungan dengan tingkat melatonin. Ini adalah hormon yang mengatur berbagai fungsi tubuh, termasuk siklus tidur. Saat bekerja di malam hari dan terkena paparan cahaya buatan, melatonin jadi tidak bisa diproduksi dengan maksimal.

3. Menggunakan kosmetik mengandung bahan berbahaya

Perempuan mungkin tidak bisa lepas dari alat kecantikan atau kosmetik. Tapi Kamu harus pandai memilih kosmetik yang aman untuk digunakan. Tidak sedikit kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya beredar di pasaran.

Baca juga: 9 Tips yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli Ponsel Baru

Hindarai kosmetik yang mengandung parabens dan phtahalates, kedua bahan itu bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon. 

4. Terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan

Menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan bukan ide yang baik. Istirahat, bekerja, nonton, makan semua dilakukan di dalam ruangan tertutup, sebaiknya Kamu tidak melakukan itu. Teralalu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan membuat Kamu kekurangan vitamin D yang bersumber dari paparan sinar matahari pagi.

Vitamin D memiliki peran untuk mengontrol pertumbuhan sel payudara normal dan bisa menghentikan perkembangan sel kanker payudara.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More