Forgot Password Register

9 Tips yang Harus Kamu Tahu Sebelum Beli Ponsel Baru

Ilustrasi ponsel dengan beragam merk (Foto: Pixabay) Ilustrasi ponsel dengan beragam merk (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Persaingan bisnis ponsel membuat masing-masing vendor berlomba untuk menarik minat konsumen. Setiap merek menawarkan keunggulannya masing-masing, mulai dari fitur, kekuatan, desain hingga harga.

Membingungkan memang ketika kamu berniat untuk membeli ponsel baru. Rasanya semua ponsel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang membuat calon pembelinya dilema.

Jika kamu pernah merasakan kejadian seperti itu saat hendak membeli ponsel baru, cobalah cara-cara berikut ini yang kami lansir dari Pouted.com.

1. Sistem Operasi

Hal pertama yang harus kamu tentukan adalah sistem operasi. Ada dua sistem operasi pada smartphone yaitu Android dan iOS. iOS hanya tersedia di Apple iPhone. Android adalah OS terbuka yang mudah disesuaikan dan diubah.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan perangkat Android, akan lebih banyak opsi dalam hal desain, tampilan, spesifikasi, kemampuan, harga, dan lainnya. Namun, butuh beberapa waktu bagi perangkat Android untuk mendapatkan pembaruan. Hanya Google Pixel dari Google yang mendapat pembaruan cepat dan segera. Perangkat Android cenderung lebih murah daripada perangkat iOS

Di sisi lain, perangkat iOS sangat terbatas karena hanya ada pada smartphone. Perangkat iOS menerima pembaruan dengan cepat, dan mereka bekerja dengan lancar dengan perangkat Apple lainnya seperti laptop Apple Mac. Selain itu, perangkat iOS lebih aman.

Baca juga: Pantau Foto: Kerennya Desain 'Si Gahar' Xiaomi Black Shark

2. Ukuran Layar

Ukuran layar bisa jadi pertimbangan selanjutnya untuk kamu pilih. Jika kamu menyukai ponsel dengan ukuran kecil, pilih yang memiliki ukuran layar 4,7 inci hingga 5 inci". Ponsel ukuran kecil lebih mudah di genggam dan tidak terlalu memakan tempat untuk menyimpannya di saku atau tas.

Jika kamu mencari ponsel yang cocok untuk menonton atau bermain game maka pilihlah yang layar yang berukuran 5,5 inci ke atas.

3. Kamera

Kamera menjadi fitur yang paling penting dalam ponsel di era sosial media seperti sekarang ini. Kamu pasti akan butuh foto-foto dokumentasi yang baik untuk mengunggahnya di akun sosial mediamu.

Seperti diketahui sebelumnya, semakin tinggi megapixel kamera ponsel maka semakin baik kamera ponsel. Tetapi itu tidak berlaku lagi sekarang, banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan seperti kecepatan rana, kecepatan sensor, OIS, kinerja cahaya rendah, dll.

Baca juga: 5 Mobil Terkencang Sepanjang Masa yang Pernah Diciptakan di Dunia

4. Tampilan

Tampilan smartphone tentunya sangat penting karena hal itu menentukan enak atau tidaknya kita memandangi layar ponsel. Tampilan ponsel meliputi keakuratan warna, kecerahan, akurasi tampilan, dll. 

Umumnya, ponsel dengan layar AMOLED lebih baik daripada ponsel dengan LCD. Semakin tinggi resolusi layar, semakin baik layarnya. Banyak flagship datang dengan resolusi 2560x1440. Resolusi 1920x1080 juga oke.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More