Pantau Flash
Ganjar-Prabowo-RK Jadi Capres 2024 Unggulan Versi Survei Indometer
Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Terus Meningkat
2 Pemudik Asal Tangerang Lolos ke Solo, Ternyata Dinyatakan Positif COVID-19
KPK Bicara Tudingan Soal-soal Janggal TWK: Semua Disusun BKN
Ketahuan Bawa 7 Pemudik, Mobil Ambulans Dicegat di Gerbang Tol Cikarang

Ibadah Ini Bernilai Pahala Tinggi jika Dikerjakan pada Bulan Ramadan

Ibadah Ini Bernilai Pahala Tinggi jika Dikerjakan pada Bulan Ramadan Iluatrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Bulan Ramadhan 2021 telah tiba. Umat Islam di seluruh dunia diwajibkan menjalankan ibadah puasa pada bulan yang suci ini.

Bulan ini sangat istimewa karena menjadi ladang pahala bagi umat Islam.

Namun, tidak hanya ibadah puasa saja yang bisa dilakukan, masih banyak amalan lain yang bernilai pahala besar jika dikerjakan di bulan Ramadhan ini, lho.

Ada banyak amalan sederhana yang bernilai pahala tinggi jika dikerjakan selama Ramadhan. Tidak heran, banyak umat muslim yang berlomba-lomba mengerjakan amalan-amalan ini.

Lalu, apa saja ya amalan yang bernilai pahala tinggi jika dikerjakan saat Ramadhan? Simak informasi selengkapnya, yuk!

Membaca Al-Quran

Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Quran. Membaca Al-Quran di bulan Ramadan diganjar dengan pahala yang berlipat-lipat ganda.

Dengan membaca satu ayat Al-Quran, bahkan meski hanya satu huruf kamu sudah mendapatkan pahala yang besar. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan untuk melaksanakan salah satu ibadah pada bulan Ramadan satu ini, mengingat balasan pahala yang banyak. 

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya."

"Aku tidak mengatakan Alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf". (HR At-Tirmizi).

Selain mendapatkan pahala yang berlipat-lipat, dengan membaca Al-Quran juga akan membuat semua urusan kamu dipermudah oleh Allah dan juga bisa membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang.

Shalat Malam

Shalat malam di bulan Ramadan tentunya tidak hanya shalat tarawih atau salat witir saja, tetapi termasuk juga salat tahajud. Bahkan Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan shalat tahajud walaupun bukan di bulan Ramadhan.

Rasulallah SAW bersabda yang artinya: "Barang siapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Sementara itu, shalat tarawih adalah ibadah pada bulan Ramadhan yang hukumnya sunnah. Namun begitu, shalat tarawih yang dilakukan setelah shalat Isya ini memiliki berbagai keutamaan. Di antara keutamaan tersebut adalah rahmat, maghfirah atau pengampunan dosa, serta pembebasan dari api neraka. Oleh karena itu, kamu akan merugi bila melewatkan ibadah yang satu ini pada bulan Ramadhan.

Sedekah

Islam merupakan agama yang mengajak umatnya untuk saling berbagi. Pada bulan Ramadhan ini sebaiknya kamu memperbanyak sedekah, bukan hanya bernilai pahala yang besar, dengan bersedekah juga akan membuat kamu dijauhkan dari kejelekan. 

Hal itu diterangkan dalam hadis berikut. 

"Sesungguhnya sedekah itu memadamkan kemurkaan Allah dan menolak kejelekan". (HR At-Tirmizi).

Allah juga berfirman dalam surat Al-Baqarah mengenai keutamaan bersedekah.

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui". (QS 2:261).

Mencari Malam Lailatul Qadar

Amalan yang sangat dinanti-nanti umat muslim di seluruh dunia adalah mencari malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar biasanya jatuh pada malam ganjil di sepuluh malam terakhir Ramadhan dan juga disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Pada malam tersebut, umat islam dapat memperbanyak amalan dan membaca Al-Quran.

Dalam serial kultum di YouTube Channel Ustaz Adi Hidayat, beliau pernah mencontohkan jika seorang muslim shalat di malam Lailatul Qadar, maka shalatnya senilai 83 tahun. Jika membaca Al-Quran, meski satu huruf misalnya Nun, lalu dia tertidur karena mengantuk, orang itu berarti membaca nun 83 tahun tanpa henti.

Selain itu, orang yag bertaubat pada malam Lailatul Qadar, digugurkan oleh Allah dosa-dosanya, sehingga dosanya menjadi nol. Kemudian dia membaca laa ilaaha illallaah. Masih banyak lagi keutamaan malam lailatul Qadar yang lainnya.

Perbanyak dzikir, doa, dan istigfar

Di bulan yang suci ini, sebaiknya umat Islam memperbanyak dzikir, doa, dan juga istigfar. Selain dapat menenangkan hati, amalan-amalan ini juga bernilai pahala yang besar saat dikerjakan di bulan Ramadhan. Akan lebih baik jika setelah salat, kamu membaca dzikir, berdoa, dan juga memperbanyak istigfar.

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya orang yang berpuasa ketika ia berbuka doanya tidak akan ditolak". (HR. Ibnu Majah).

Zakat Fitrah

Seperti yang kita tahu, zakat fitrah hukumnya wajib bagi muslim yang mampu. Zakat fitrah diberikan sebelum sholat Ied ketika hari raya Idul Fitri. 

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu ánhuma bersabda.

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang-orang yang berpuasa dari kesia-siaan dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan fakir miskin."

"Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat (hari raya) maka zakatnya diterima dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanyalah sedekah di antara sedekah biasa". (HR/ Abu Daud).

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Finda Rhosyana

Berita Terkait: