Pantau Flash
Ganjar-Prabowo-RK Jadi Capres 2024 Unggulan Versi Survei Indometer
Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Terus Meningkat
2 Pemudik Asal Tangerang Lolos ke Solo, Ternyata Dinyatakan Positif COVID-19
KPK Bicara Tudingan Soal-soal Janggal TWK: Semua Disusun BKN
Ketahuan Bawa 7 Pemudik, Mobil Ambulans Dicegat di Gerbang Tol Cikarang

Firefox Monitor Bisa Jadi Solusi Lindungi Keamanan Data Anda

Firefox Monitor Bisa Jadi Solusi Lindungi Keamanan Data Anda Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com -  Perusahaan penyedia teknologi, Mozilla, memiliki solusi bernama Firefox Monitor untuk melindungi data pengguna ketika membuka sebuah situs.

"Mozilla selalu berkomitmen untuk membangun perlindungan guna menjaga keamanan pengguna di Internet. Karenanya, kami secara terus menerus mengeluarkan fitur baru untuk melengkapi produk-produk kami. Hal ini dilakukan untuk membantu pengguna kami mencegah berbagai ancaman di Internet," kata VP and General Manager of Emerging Markets Mozilla, Stan Leong dalam keterangan pers dikutip Jumat (15/5/2020).

Baca juga: Giliran Data Pengguna Bhinneka Dibobol dan Dijual di Web Gelap

Firefox Monitor, solusi yang sudah ada sejak 2018, akan memberi tahu pengguna ketika mereka mengunjungi sebuah website yang pernah mengalami kasus kebocoran data. Firefox Monitor akan mencari informasi apakah alamat email pengguna pernah terlibat kasus data bocor, berdasarkan data publik hingga 2007.

Ketika menggunakan peramban Firefox, pengguna akan menerima notifikasi keamanan jika mengunjungi situs yang telah bocor. Pengguna akan mendapatkan notifikasi jika data mereka bocor serta informasi berupa langkah apa yang bisa dilakukan untuk mengamankan data.

Supaya mendapatkan notifikasi jika data bocor, pengguna harus memiliki Firefox Account.

Jika data bocor, Mozilla memberikan rekomendasi beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun dan data. Pertama, ketahui data apa saja yang bocor, ini akan membantu untuk mengidentifikasi langkah apa saja yang perlu dilakukan.

Kedua, segera ubah kata sandi. Jika tidak bisa masuk ke akun, ketahui cara untuk mengembalikan atau menutup akun.

Baca juga: Gunakan Perangkat Lunak Legal untuk Menjamin Keamanan Data Anda

Jika menggunakan kata sandi yang sama untuk akun lain, segera ubah juga. Pengguna disarankan menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun.

Langkah terakhir, jika data keuangan bocor, misalnya nomor rekening atau nomor kartu kredit, segera lapor ke bank. Cek riwayat transaksi untuk mengawasi pengeluaran yang tidak dikenali.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty