Aplikasi Rukun Aplikasi Rukun
Pantau Flash
ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Ledakan di Afghanistan Timur
Kunjungi Tasta Tabanan Wildlife Park, Bamsoet Dukung Konservasi Flora Fauna
Ganggu Dominasi Duterte, Manny Pacquiao Akan Maju sebagai Capres Filipina
Deklarasikan Dukungan di Pilpres 2024, Sahabat Ganjar Siap Tempur di 17 Negara
Update COVID-19 Indonesia 19 September 2021, Kasus Aktif Turun 4.097, Sembuh Bertambah 6.186 Orang

Awas! Getaran Mesin Motor Bisa Merusak Kamera iPhone

Awas! Getaran Mesin Motor Bisa Merusak Kamera iPhone iPhone (Foto: Apple)

Pantau.comApple memperingatkan para pengguna bahwa getaran dalam frekuensi tertentu, salah satunya dari mesin sepeda motor berkekuatan tinggi, bisa merusak sistem kamera iPhone.

"Memaparkan iPhone Anda pada getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi, bisa menurunkan kinerja sistem kamera," tulis Apple di laman bantuan, dikutip Minggu (13/9/2021).

Baca juga: Gokil! Baru 2 Bulan Dirilis, iPhone Jadi Ponsel Paling 5G Paling Laris

Sistem kamera di berbagai model iPhone menggunakan Optical Image Stabilization (OIS) dan closed-loop autofocus (AF). OIS ini berfungsi agar gambar tidak kabur meski pun penggunanya bergerak. OIS dapat ditemukan di iPhone keluaran terbaru, iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus dan iPhone 7.

Sementara itu, closed-loop AF berfungsi untuk menetapkan fokus pada subjek foto tidak bergerak, begitu juga untuk video dan pengambilan gambar panorama.

Teknologi ini terdapat di iPhone XS ke atas.

Getaran yang tinggi bisa merusak gyroscope dan magnet pada OIS dan closed-loop AF sehingga akan berdampak pada kualitas foto dan video.

Apple menyarankan pengguna tidak langsung menempelkan iPhone ke sepeda motor berdaya mesin tinggi supaya tidak rusak. Biasanya getaran tinggi berada di chasis dan stang.

Sementara moped atau skuter memiliki amplitudo getaran yang rendah dibandingkan sepeda motor.

Apple juga menyarankan mengurangi paparanke getaran untuk mengurangi risiko kamera rusak dan menggunakan peredam getaran jika harus menempelkan iPhone ke kendaraan.

Tim Pantau
Editor
Gilang
Penulis
Gilang

Berita Terkait: