Pantau Flash
Ganjar-Prabowo-RK Jadi Capres 2024 Unggulan Versi Survei Indometer
Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Terus Meningkat
2 Pemudik Asal Tangerang Lolos ke Solo, Ternyata Dinyatakan Positif COVID-19
KPK Bicara Tudingan Soal-soal Janggal TWK: Semua Disusun BKN
Ketahuan Bawa 7 Pemudik, Mobil Ambulans Dicegat di Gerbang Tol Cikarang

Akibat Pandemi Covid-19, Deretan Artis Tanah Air Ini Kesulitan Ekonomi Hingga Stress

Akibat Pandemi Covid-19, Deretan Artis Tanah Air Ini Kesulitan Ekonomi Hingga Stress Daniel Mardhany. (Foto: Instagram.com/possessedtomerch)

Pantau.com - Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada masyarakat biasa, tetapi juga berdampak pada sejumlah public figure Tanah Air. Hal itu turut dirasakan oleh penceramah terkenal, Ustaz Solmed. Ia mengaku mengalami kesulitan secara finansial akibat pandemi Covid-19 ini. 

Tabungan dai kondang ini bahkan habis tak tersisa. Situasi krisis itu memaksanya untuk berutang pada sang istri demi membiayai pengobatan sang ibu yang sempat sakit.

"Saya sampai harus meminjam uang kepada April sejumlah Rp200 ribu, saya pinjam duit di masa pandemi ini. Saya pinjam uang Rp500 ribu hanya untuk biaya berobat ibu saya, yang saya tidak punya lagi tabungan saat pandemi ini," kata Ustaz Solmed saat hadir di sebuah acara bertema Islami di salah satu stasiun TV, seperti yang dikutip dari InsertLive.

Baca juga: Keuangan Berantakan Akibat Pandemi, Ustaz Solmed Sampai Utang untuk Berobat

Selain itu, Ustaz Solmed bahkan harus menjual barang-barang pribadinya, mulai dari yang sederhana hingga yang paling berharga seperti mobil. 

Tak hanya Ustaz Solmed yang terdampak akibat pandemi Covid-19, berikut ini 5 deretan artis yang juga diterpa masalah finansial kala pandemi.

1. Chacha Sherly 

Chacha Sherly, mantan personel Trio Macan, yang meninggal akibat kecelakaan mobil di Tol Semarang-Solo, Senin (4/1/2021) disebut sempat stres hingga sempat ingin mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Hal tersebut diakibatkan krisis ekonomi yang melanda Chacha akibat pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Iis Dahlia yang mengaku sempat mendengarkan curahan hati Chacha Sherly sebelum meninggal.

Iis Dahlia menyebut beberapa waktu lalu Chacha sempat tidak memiliki job sampai mobilnya harus diambil pihak leasing karena tidak mampu membayar cicilan. Chacha sempat ingin pulang ke rumah orang tuanya, tetapi niatan itu diurungkan karena merasa malu sudah lama berkarier di Jakarta.

2. Daniel Mardhany

Nama Daniel Mardhany yang dikenal sebagai vokalis Deadsquad baru-baru ini menjadi sorotan lantaran terjerat kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Ia ditangkap di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Sabtu (1/5/2021). Penangkapan vokalis band Deadsquad itu diawali dari informasi warga terkait dugaan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh Auliya Akbar alias AA, mantan drummer Deadsquad.

Daniel Mardhany mengungkap alasannya memakai narkoba. Itu lantaran ia tak memiliki pekerjaan selama masa pandemi Covid-19.

Selama pandemi, aktivitas yang berkaitan dengan kerumunan massa dan pertemuan banyak orang dihilangkan. Ini termasuk dengan panggung musik, yang merupakan salah satu sumber penghasilan serta ekspresi berkarya para musikus seperti Daniel Mardhany.

3. Nassar

Nama artis berikutnya yang terdampak pandemi yakni Nassar. Pedangdut terkenal ini sempat diisukan bangkut karena sepi job selama masa pandemi Covid-19. Hal itu terungkap dalam kanal YouTube Dewi Perssik pada 22 Agustus 2020.

Nassar ini mengaku kesulitan membayar cicilannya dan hanya mengandalkan uang tabungan yang tersisa.

Selain itu, untuk menyambung kehidupan sehari-hari, dia berjualan donat yang merupakan usaha turunan dari orang tuanya. Mantan suami Muzdalifah itu membantah kabar dirinya bangkrut hingga harus banting stir berjualan donat.

Baca juga: Fatin Shidqia Tahun Ini Prioritaskan Lulus Kuliah

4. Vanessa Angel

Vanessa Angel dan suami, Bibi Ardiansyah tengah mencoba peruntungan lain dengan terjun ke bisnis kuliner. Mereka berjualan kebab dan nasi briyani akibat kondisi keungan yang memburuk selama beberapa waktu terakhir. Diakuinya, perekonomian mereka merosot sejak terseret kasus hukum kasus kepemilikan psikotropika.

Ditambahkan lagi kasus Vanessa Angel berbarengan dengan mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Sehingga ia dan suami melakukan segala cara untuk sekedar membeli susu untuk sang anak dan kebutuhan sehari-hari.

5. Dede Sunandar

Komedian Dede Sunandar mengaku tak mempunyai pekerjaan selama pandemi Covid-19. Bahkan ia tidak lagi memiliki program tetap di acara televisi.

Demi menghidupi keluarga dia harus memutar otak dengan mencari kerja sampingan. Salah satunya dengan berjualan camilan cireng.

Meski pendapatan tak seberapa, tetapi ia bersyukur hasil camilan cirengnya bisa digunakan untuk menyambung hidup di tengah pandemi Covid-19.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Finda Rhosyana

Berita Terkait: