Pantau Flash
Ganjar-Prabowo-RK Jadi Capres 2024 Unggulan Versi Survei Indometer
Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Terus Meningkat
2 Pemudik Asal Tangerang Lolos ke Solo, Ternyata Dinyatakan Positif COVID-19
KPK Bicara Tudingan Soal-soal Janggal TWK: Semua Disusun BKN
Ketahuan Bawa 7 Pemudik, Mobil Ambulans Dicegat di Gerbang Tol Cikarang

5 Tanda Seseorang Meraih Malam Lailatul Qadar

Headline
5 Tanda Seseorang Meraih Malam Lailatul Qadar Warga Muslim shalat berjamaah di masjid di Kota Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Pantau.com - Malam yang lebih baik daripada seribu bulan atau malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan memang kesempatan langka yang sulit didapatkan jika tidak memiliki iman yang teguh. Tapi penasaran enggak sih apa saja tanda seseorang yang pernah meraih Lailatul Qadar?

Baca juga: Selain Puasa Ramadhan, Puasa Daud Punya Kedudukan Istimewa

Dalam karya tulis Candra Nila Murti Dewojati 'Strategi Jitu Meraih Lailatul Qadar' terbitan PT Bhuana Ilmu Populer tahun 2014, menyebutkan bahwa memang tidak ada ciri khusus dalam nash orang yang mendapatkan Lailatul Qadar. Namun dalam rangkuman pendapat berbagai ulama, ditemukan setidaknya ada lima tanda.

1. Selalu ingin jadi yang terbaik

Terbaik di sini artinya dalam beribadah di mata Allah maupun manusia, bahkan karena hal itu ia selalu merasa kurang dalam hal beribadah, dan selalu merasa 'haus' padahal ibadah dan sunnah sudah dikerjakan.

"Seorang hamba yang mendapatkan Lailatul Qadar akan melihat semua dengan terang di kegelapan malam," ujar Candra dalam bukunya.

2. Tidak sombong dan rendah hati

Tidak merasa pencapaiannya hal yang patut dibanggakan baik kepada atasan ataupun bawahannya. Bahkan dari wajahnya dapat terlihat ia memancarkan wajah yang bersinar dan enak dipandang mata.

Baca juga: Jelang Nuzulul Quran, Ini 5 Fakta Dibalik Proses Turunnya Alquran

"Ini hanya bisa dilihat orang-orang yang dekat dengan Allah SWT," ungkapnya.

3. Seolah melihat seluruh makhluk bersujud

Meski tidak secara nyata, namun ada perasaan nyaman dan haru seolah melihat benda alam dan makhluk bumi bersujud kepada Allah SWT. Bahkan disebut-sebut mampu mendengar suara malaikat berserta tutur katanya.

4. Doa terkabul dan merasakan kekhusyukan 

Semua doanya mudah dikabulkan, bahkan jika tidak dikabulkan diganti jadi yang lebih baik. Beberapa pendapat juga mengatakan orang itu tidak dapat melihat tanda fisik, namun di sisi lain merasa damai, khusyuk yang luar biasa.

5.  Imannya bertambah kuat

Karena setelah mengalami pengalaman spirtual luar biasa, perilaku sehari-harinya akan lebih baik, lebih rajin beribadah, ikhlas bersedekah, dan menjauhi ghibah atau membicarakan aib orang lain.

"Ia lebih mampu mnegendalikan diri dan lebih toleran kepada orang lain, tidak peduli golongan, suku bahkan agama," tutupnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: