Pantau Flash
Kemenkes: Vaksinasi COVID-19 Bisa Lindungi dari Keparahan Penyakit hingga 95 Persen
Mohon Pengertiannya... COVID-19 di RI Menggila! Kasus Harian Positif Meroket 20.574 Orang Sehari
Mohon Maaf dan Waspada, BOR Ruang Isolasi di RS se-Kota Tangerang Capai 92,44 Persen
Varian Delta Belum Selesai, Kini India Umumkan Varian Baru 'Delta Plus' yang Lebih Ganas
Saksi Ahli Forensik Jadi Salah Satu Alasan Habib Rizieq Tak Terima Divonis 4 Tahun Bui dan Ajukan Banding

5 Nama Jajanan Khas Indonesia Ini Ternyata Singkatan

Headline
5 Nama Jajanan Khas Indonesia Ini Ternyata Singkatan Piscok (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Selain kaya dengan budaya dan adat istiadat, Indonesia juga jadi surga bagi pecinta kuliner. Saking banyak ragam dan campurannya, makanan nusantara juga lebih dikenal dengan singkatan untuk mempermudah penyebutannya.

Apa Saja Makanan Khas Indonesia Yang Merupakan Singkatan?

Inilah deretan menu kuliner yang mudah ditemukan namun jarang yang tahu arti dan singkatannya, hasil pemikiran kreatif masyarakat Indonesia yang berhasil dirangkum.

1. Cilok

cilok

Cilok (Foto: Palmia)

Makanan khas tanah sunda ini jadi kudapan favorit banyak orang, wajar saja harganya yang murah dan tidak menguras kantong, cilok jadi jajan yang paling mudah ditemukan berjajar di depan sekolah dasar.

Baca juga: Kesalahan Sepele Mengonsumsi Teh Celup Bisa Berakibat Fatal

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Aci adalah sebutan sagu dalam bahasa sunda. Cara pembuatan cilok pada dasarnya sama seperti bakso, cukup diuleni dan direndam air hangat, tapi bedanya cilok mayoritas terbuat dari sagu. Cara memakannya diambil dengan mencolok menggunakan kayu.

Ada beragam isian cilok, dari daging, kacang, oncom, hingga keju dan daging cumi hasil kreativitas sang pembuat.

2. Combro dan Misro

combro dan misro

Combro (Foto: Pintrest)

Masih dari tanah Priangan, dua jajanan ini berbahan singkong yang dihaluskan dan terigu dengan isian lalu digoreng hingga berwana kecokelatan.

Beda antara combro dan Misro hanya pada jenis isian, jika combro berisi oncom maka misro berisi gula merah. Isi yang berbeda juga membuat rasa jadi berbeda, combro cenderung asin serta pedas, sedangkan misro cenderung manis.

Baca juga : 5 Makanan Indonesia Ini Terbuat dari Bahan Tak Lazim, Berani Coba?

Singkatan dari combro ialah oncom di jero, yang berarti oncom di dalam. Sedangkan misro berarti amis di jero yang artinya manis di dalam.

3. Cuanki

cuanki

Cuanki (Foto: Qraved)

Lagi lagi dari tanah sunda, menu yang nikmat kerap menggoyang lidah jika dimakan saat udara dingin ini, ternyata memiliki singkatan yang konyol yakni Cari Uang Jalan Kaki (cuanki). Singkatan ini diambil mengingat cara berjualannya yang dilakukan sambil berjalan kaki dan dipikul. Cuanki bisa dibilang sejenis bakso khas Bandung. 

4. Piscok 

piscok

Piscok (Foto: Amin H. Al Bakki)

Menu jajan yang banyak dijajakan di pinggir jalan ini memiliki singkatan pisang cokelat. Piscok yaknis sebuah pisang utuh berbalut tepung dan diisi cokelat atau seres sebagai pemanisnya.

Menu khas ini biasa dijajakan bersama aneka goreng-gorengan seperti tahu, tempe, bakwan, dan cireng. Kisaran harganya cukup beragam dari Rp500 hingga Rp2000 per buahnya yang disesuaikan dengan kualitas cokelat dan pisangnya.

5. Geco 

tauge goreng

Geco (Foto: Farlys)

Geco yang merupakan makanan khas Cianjur adalah singkatan dari sayur tauge dan tauco.

Jika di kota besar Geco lebih dikenal dengan sebutan Toge Goreng, karena kandungan perpaduan tauco, tauge dan tahu ini banyak digandrungi karena memiliki citarasa yang unik. Cara membuatnya cukup menyatukan ketiga bahan itu dan dimasak dengan cara ditumis.

Tim Pantau
Penulis
Dini Afrianti Efendi

Berita Terkait: