Aplikasi Rukun Aplikasi Rukun
Pantau Flash
Kunjungi Tasta Tabanan Wildlife Park, Bamsoet Dukung Konservasi Flora Fauna
Ganggu Dominasi Duterte, Manny Pacquiao Akan Maju sebagai Capres Filipina
Deklarasikan Dukungan di Pilpres 2024, Sahabat Ganjar Siap Tempur di 17 Negara
Update COVID-19 Indonesia 19 September 2021, Kasus Aktif Turun 4.097, Sembuh Bertambah 6.186 Orang
Alhamdulillah Kabar Baik Lagi, Sebanyak 1.140.750 Dosis Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia

Polda Metro Jaya Periksa Rekaman CCTV Kebakaran Lapas Tangerang, Polisi: Ada Kealpaan yang Ditemukan

Headline
Polda Metro Jaya Periksa Rekaman CCTV Kebakaran Lapas Tangerang, Polisi: Ada Kealpaan yang Ditemukan Petugas memeriksa kondisi Lapas Kelas I Tangerang setelah terbakar. (Foto: Antara/Humas Kemenkumham)

Pantau.com Polda Metro Jaya memeriksa rekaman CCTV Lapas Kelas 1 Tangerang untuk mencari penyebab kebakaran yang menewaskan 48 warga binaan.

"Penyidik juga masih melakukan pendalaman lagi termasuk menganalisa alat-alat bukti yang ada baik itu CCTV dan lain sebagainya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Rabu (15/9/2021).

Kepolisian masih melengkapi alat bukti, keterangan saksi maupun kelengkapan administrasi dalam kasus tersebut.

Baca juga: 14 Pegawai Lapas Kelas 1 Tangerang Dijadwalkan Menjalani Pemeriksaan Terkait Insiden Kebakaran yang Menewaskan 46 Narapidana

Langkah selanjutnya dari Kepolisian adalah melakukan gelar perkara untuk menentukan apakah ada tersangka dalam kasus tersebut.

"Nanti bila sudah lengkap selanjutnya baru kita lakukan gelar perkara untuk bisa menentukan apakah ada tersangka di sini. Karena memang ada pidananya di sini, ada kealpaan yang ditemukan di sini," katanya.

Total ada 36 saksi yang diperiksa polisi dalam proses penyidikan kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten, Rabu dinihari (8/9).

Para saksi tersebut terbagi dalam tiga kategori, yakni pegawai lapas, warga binaan, dan saksi dari luar Lapas seperti petugas pemadam kebakaran dan petugas PLN.

Petugas lapas yang diperiksa antara lain Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang, Kepala Tata Usaha, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Kelapa Bidang Administrasi, Kepala Sub Bagian Hukum, Kepala Seksi Keamanan, dan Kepala Seksi Perawatan.

Yusri menyampaikan Kalapas Kelas I Tangerang, Victor Teguh Prihartono, telah diperiksa pada Selasa (14/9) selama sembilan jam oleh penyidik.

"Kalau ditanya sekitar apa pemeriksaanya adalah kita pasti mengetahui fungsi, karena penanggung jawab Lapas Kelas I Tangerang adalah langsung lalapas. (Diperiksa) Fungsi dan tugas, serta pengawasan dan SOP yang ada di Lapas Tangerang," ujar Yusri.

Tim Pantau
Editor
Gilang
Penulis
Gilang

Berita Terkait: