
Pantau.com - Mukorobin adalah jurnalis RRI Purwokerto yang menyabet predikat Juara Nasional pada Lomba Karya Jurnalistik Kategori Media Radio yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan tahun ini. Lewat laporan khusus bertajuk “Semburat PANDAWA Hingga Rimba Bakau”, Mukorobin sukses mengabarkan besarnya manfaat inovasi Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan.
Diluncurkan di tengah pandemi Covid-19, layanan yang ditujukan untuk mengurangi akses layanan tatap muka ini ternyata juga sangat memudahkan warga yang tinggal jauh dari perkotaan.
“Saya liputan di Kampung Laut yang merupakan salah satu daerah di Kabupaten Cilacap yang terisolir dari perkotaan. Masyarakat disana menggunakan PANDAWA untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan. Mereka dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak harus mengeluarkan uang sekitar 400.000 rupiah untuk menyewa kapal ke kota,” ungkap Mukorobin kepada rekan jurnalis yang hadir pada kegiatan Media Workshop yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, Kamis (4/11/2021).
Baca juga: DJSN dan BPJS Kesehatan Luncurkan Buku Statistik JKN 2015-2019
Mukorobin menyampaikan kekagumannya terhadap inovasi ini. Bagi masyarakat Indonesia di wilayah pesisir dan wilayah terpencil, PANDAWA memberikan kemudahan untuk mendapatkan pelayanan kepesertaan. Misal nantinya pandemi telah berakhir, ia yakin PANDAWA akan terus membantu dan berguna bagi masyarakat Indonesia.
“Selain biaya dan waktu, PANDAWA juga mengurangi risiko karena warga tidak perlu lagi menyeberangi lautan lepas. Dari situ saya baru menyadari bahwa PANDAWA sangat simple tapi dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat,” ucap Mukorobin.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Debbie Nianta Musigiasari. Lewat paparannya, Debbie menyampaikan informasi terbaru tentang Program JKN-KIS yang difokuskan pada peran BPJS Kesehatan dalam Penanganan COVID-19.
Baca juga: Agustina Sebut JKN-KIS Adalah Program Mulia dari Pemerintah
“Beberapa peran BPJS Kesehatan dalam penanganan Covid-19 antara lain melakukan verifikasi administrasi klaim Covid-19 yang diajukan rumah sakit, mengembangkan Aplikasi P-Care Vaksinasi, menjamin pelayanan Kejadian Ikutan Paska Imunasi (KIPI) Covid-19 bagi peserta JKN-KIS, dan menghadirkan sejumlah inovasi pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS dengan memanfaatkan teknologi digital," kata Debbie.
Media workshop merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto. Ajang saling sharing ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dengan media dalam menyukseskan Program JKN-KIS, khususnya lewat upaya edukasi dan sosialisasi.
- Penulis :
- Adryan N