Pantau Flash
Layanan SIM Keliling di Jakarta Tetap Buka, Ini Lokasinya
Dua Truk Saling Hantam di Depan Balai Kartini, Ada Korban Tewas
Fadli Zon Ujug-ujug Nyanyi Lagu Sunda, Sindir Pejabat Haus Kuasa
Ditlantas Polda Bantah Berikan Pelat Polri untuk Arteria Dahlan
Kapolrestabes Medan Tidak Terbukti Terima Suap dari Istri Bandar Narkoba

DPR RI Minta Tan Paulina Pencuri Batu Bara di Kaltim Ditangkap

Headline
DPR RI Minta Tan Paulina Pencuri Batu Bara di Kaltim Ditangkap Anggota Komisi VII DPR, Muhammad Nasir.

Pantau.com - Anggota Komisi VII DPR, Muhammad Nasir, menyampaikan bahwa ada pencurian batu bara oleh Tan Paulin yang disebut sebagai "Ratu Batu Bara" di Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal ini diungkapkan Nasir dalam rapat kerja dengan Kementerian ESDM, Kamis, 13 Januari 2022. "Ini batu curian tapi bisa dijual ke luar negeri, kan kacau nih, Tan Paulin namanya. Saya bilang tangkap orang ini, siapa yang melindungi orang ini," kata Nasir.

Menurut Nasir, orang ini omzetnya sangat besar yakni mencapai Rp2,5 triliun per bulan dengan produksi 1 juta ton batu bara.

Nasir, yang tak lain adalah kakak dari mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin itu, meminta agar Tan Paulin ditangkap karena batu bara yang dicurinya dijual ke luar negeri dan tidak melaporkannya ke pemerintah.

Selain itu, usahanya ini, menurut Nasir, mengakibatkan infrastruktur yang dibuat oleh pemerintah daerah (pemda) rusak. Kerusakan itu, ditegaskan Nasir, tidak sebanding dengan besarnya batubara yang dibisniskan Tan Paulin. Nasir menyebut, produksi Ratu Batu Bara itu mencapai 1 juta ton per bulan. 

"Tapi tidak ada laporan dari Kementerian ESDM kepada kita. Semua tahu dia pemain batu bara dan tambangnya diambilin ke mereka. Namanya Tan Paulin terkenal sekali di Kaltim dan dibicarakan di sana," kata Nasir.

Menanggapi itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menyampaikan bahwa, yang dikatakan oleh Nasir tersebut harus berdasarkan fakta, dan yang disampaikan tidak benar. "Apa yang sampaikan tidak benar," ungkap dia.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Tim Pantau.com

Berita Terkait: