Pantau Flash
Wapres Ma'ruf: Program Kartu Prakerja Berlanjut hingga 2022
Jokowi: Saya Ngomong Benci Produk Asing Saja Ramai
Ganjar: 8 Orang Kontak Erat dengan TKI yang Terinfeksi Mutasi COVID-19 B117
Presiden Jokowi: 4,6 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca akan Tiba di RI Bulan Ini
Mutasi COVID-19 B117, Jokowi: Jangan Khawatir, Belum Ada Bukti Lebih Mematikan

Doni Monardo Sebut Ada 1000 Orang Lebih WNI dan WNA yang Datang ke Indonesia Positif Covid-19

Headline
Doni Monardo Sebut Ada 1000 Orang Lebih WNI dan WNA yang Datang ke Indonesia Positif Covid-19 Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. (Foto: Antara/HO-BNPB)

Pantau.com - Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo memaparkan data kedatangan WNA dan juga WNI yang terpapar positif Covid-19 sejak 28 Desember 2020 lalu.

Baca juga : Doni Monardo Minta Pemda Sosialisasikan PPKM Mikro hingga Tingkat RT/RW

Dalam data tersebut, terdapat hampir 1.000 orang lebih yang dinyatakan positif Covid-19 dari negara asing. Menurut Doni Monardo, terdapat kejanggalan lantaran setiap WNA dan WNI yang datang membawa surat keterangan bebas Covid.

“Di sini bapak ibu sekalian, bahwa sejak 28 Desember 2020 tercatat sudah 1.214 orang yang positif Covid, baik WNI yang jumlahnya 1.092 maupun WNA 122,” ujar Doni Monardo dalam konferensi persnya hari Minggu (21/2/2021).

Dalam konferensi pers tersebut Doni menyebutkan terdapat 10 negara menjadi asal kedatangan WNA maupun WNI yang positif Covid-19.

Doni Monardo pun menekankan bahwa mereka yang positif Covid-19 dari luar negeri ini memiliki surat keterangan bebas Covid.

“Kemudian ada 10 negara dengan kasus positif terbanyak mulai dari Arab Saudi, UEA, Turki, Malaysia, Qatar, Singapura, Jepang, Korea, Hongkong dan Taiwan. Padahal, saya ulangi, padahal, semuanya ini membawa surat keterangan bebas Covid,” terang Doni.

Dengan adanya penemuan data tersebut, menjadi sebuah pertanyaan besar. Bagaimana seeorang yang memiliki surat keterangan bebas Covid-19 ternyata terpapar virus Covid-19 dan dibolehkan untuk bepergian.

Baca juga : Doni Monardo Umumkan Telah Negatif COVID-19

“Nah sekarang pertanyaannya apakah mereka ini terpapar tetapi belum terinfeksi atau terpapar selama penerbangan. Ini yang menjadi fokus kami bersama Kemenkes untuk mencari informasi lebih lanjut,” tegas Doni Monardo.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Syahrul

Berita Terkait: