
Pantau.com - Penyebaran COVID-19 masih terus bertambah dari hari ke hari. Hal ini berdampak pada kunjungan pasien ke tempat layanan kesehatan sehingga perlu adanya inovasi pelayanan tanpa tatap muka.
Gergorio Evangel Pratama (26) yang akrab disapa Gego, terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional –Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia merupakan PNS di salah satu instansi dan memiliki usaha kedai kopi yang cukup terkenal di Kota Baubau yaitu Graha Kopi. Adanya usaha sampingan yang dimilikinya ini membuat ia selalu menjaga kedainya hingga larut malam.
Baca juga: Duta BPJS Kesehatan Jalani Vaksinasi COVID-19
“Setiap malam saya menjaga kedai kopi ini sampai jam 12 malam, jadi terkadang kebutuhan waktu tidur saya cukup berkurang,” ungkap Gego saat ditemui di kedai kopi miliknya.
Tak jarang ia selalu ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat terdaftar untuk berkonsultasi terkait kondisi kesehatannya karena seringnya begadang. Tetapi karena saat ini masih belum berakhirnya pandemi COVID-19, ia mulai jarang mengunjungi FKTP.
“Saya mulai jaga diri juga untuk ke fasilitas kesehatan, karena takut terkena COVID-19 ini,” ucapnya, seperti dilansir dari laman resmi BPJS Kesehatan, Senin (8/3/2021).
Salah satu pelanggannya pun menginformasikan terkait adanya inovasi dari BPJS Kesehatan pada aplikasi Mobile JKN yaitu fitur konsultasi dokter. Fitur tersebut peserta dapat berkomunikasi untuk berkonsultasi dengan dokter di FKTP terdaftar tanpa harus bertatap langsung sehingga dapat mengurangi resiko terpaparnya virus COVID-19.
Baca juga: Usai Dilantik Presiden, Dewas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan Siap Bersinergi
“Kebetulan ada pelanggan yang sangat sering berkunjung ke kedai saya dan dia cukup tahu tentang BPJS Kesehatan, jadi dia sarankan saya untuk gunakan aplikasi Mobile JKN. Jadi dengan aplikasi itu saya bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus ke FKTP lagi,” ungkap Gego.
Tak lupa pula ia mengajak istrinya dan para pelanggannya untuk mengunduh aplikasi tersebut, agar dapat merasakan manfaat yang sama. “Karena saya sudah merasakan kemudahan dengan aplikasi ini, jadi saya juga mempromosikan ke para pelanggan agar mereka tahu tentang aplikasi ini. Dengan Mobile JKN, semua layanan BPJS Kesehatan serasa ada dalam genggaman,” tuturnya.
rn- Penulis :
- Noor Pratiwi