Forgot Password Register

Survei Poltracking: Elektabilitas Khofifah-Emil Unggul Jauh dari Gus Ipul-Puti

Survei Poltracking Indonesia (Foto: Pantau.com / Lilis Varwati) Survei Poltracking Indonesia (Foto: Pantau.com / Lilis Varwati)

Pantau.com - Elektabilitas pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto berhasil mengungguli rivalnya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno.

Berdasarkan survei Poltracking Indonesia, elektabilitas pasangan Khofifah-Emil berada pada 42,4 persen. Pasangan itu unggul lumayan jauh dari pesaingnya yang hanya mendapat 35,8 persen.

"Tren elektabilitas kandidat dalam 2 periode terakhir survei menunjukkan pasangan Khofifah-Emil naik 3,9 poin sedangkan pasangannya Gus Ipul-Puti turun 4,1 poin," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha saat konferensi pers Temuan Survei Provinsi Jawa Timur di Hotel Sari Pasific, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018).

Khofifah kembali mengungguli Gus Ipul dalam survei kandidat tunggal calon gubernur, tanpa pasangan. Mantan Menteri Sosial itu mengantongi angka 42,6 persen sementara Gus Ipul 39,6 persen. Hal serupa juga terjadi pada kandidat tunggal calon wakil gubernur.

"Tingkat elektabilitas Emil Elistianto sebesar 35,2 persen lebih unggul dari Puti Guntur Soekarno yang hanya 27,7 persen," tambahnya.

Survei itu dilakukan pada 6-11 Maret 2018 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Dengan jumlah responden sebanyak 1200 orang yang tersebar di 29 Kabupaten dan 9 kota diseluruh Jawa Timur.

Melihat hasil survei, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, sebagai salah salah satu partai pengusung pasangan Gus Ipul-Puti merasa tidak khawatir 

"Saya tidak terlalu khawatir dengan survey ini. Kalau untuk pengenalan saya kira itu satu hal yang wajar. Masih ada tiga bulan lagi sebelum Pilkada jadi saya rasa Gus Ipul masih bisa unggul," kata Kadir dikesempatan yang sama.

Lain hal dengan Wakil Sekjen Golkar, Sarmuji, yang menjadi salah satu partai pengusung pasangan Khofifah-Emil. Sarmuji mengatakan partainya sangat optimis hasil survei itu bisa bertahan hingga gelaran Pilkada mendatang.

"Mudah-mudahan kemenangan ini bukan sementara. Karena semua survei mengatakan tren Khofifah dan Emil naik. Jadi yang biasanya (elektabilitasnya) naik akan naik terus. Yang biasa turun akan turun terus," ucapnya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More