Forgot Password Register

Serangan AS ke Suriah Langgar Aturan PBB, Putin: Kacaukan Hubungan Internasional

Vladimir Putin. (Foto: Reuters/Sergei Chirkov) Vladimir Putin. (Foto: Reuters/Sergei Chirkov)

Pantau.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, serangan lanjutan oleh negara-negara Barat terhadap Suriah akan menimbulkan kekacauan global.

"Putin secara khusus menekankan bahwa jika aksi yang melanggar PBB itu dilanjutkan, maka akan terjadi kekacauan dalam hubungan internasional," bunyi pernyataan Kremlin dalam pernyataan tertulis, Senin 16 April 2018.

Sementara itu Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley, mengatakan bahwa pihaknya akan menjatuhkan sanksi ekonomi baru kepada sejumlah perusahaan yang terlibat dengan penggunaan senjata kimia yang diduga dilakukan oleh Presiden Suriah.

Baca juga: Pantau Foto: Unjuk Rasa di New York Protes Serangan AS ke Suriah

Sebelumnya Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris menembakkan 105 rudal dengan target tiga tempat yang diduga menjadi fasilitas persenjataan kimia di Suriah. Aksi itu merupakan balasa terhadap serangan gas beracun di Douma, Ghouta Timur pada 7 April lalu.

Sejumlah negara Barat menunjuk Presiden Suriah Bashar Al-Assad sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan Douma yang menewaskan puluhan orang. Sementara pemerintah Suriah dan Rusia membantah telah terlibat.

Baca juga: Eks Direktur FBI: Secara Moral, Trump Tak Pantas Jadi Presiden AS

Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris mengatakan bahwa serangan rudal itu hanya menargetkan fasilitas persenjataan kimia Suriah dan tidak ditujukan untuk menggulingkan Bashar ataupun mengintervensi perang sipil.

Presiden Prancsi Emmanuel Macron mengatakan bahwa dirinya telah berhasil menyakinkan Trump untuk tidak menarik mundur pasukan angkatan militer dari Damaskus.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More