Forgot Password Register

Headlines

Ooo... Penerimaan Pajak 2018 Ditopang Sektor Industri Berikut

Pekerja menyelesaikan salah satu produk alat mesin pertanian (alsintan) di Aceh Besar, Aceh. (Foto: Antara/Irwansyah Putra) Pekerja menyelesaikan salah satu produk alat mesin pertanian (alsintan) di Aceh Besar, Aceh. (Foto: Antara/Irwansyah Putra)

Pantau.com  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan industri pengolahan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penerimaan pajak pada triwulan I-2018. "Pertumbuhan positif industri pengolahan ini memberikan sinyal bagus kepada kinerja penerimaan pajak pada 2018," kata Sri Mulyani dalam jumpa pers realisasi APBN triwulan I-2018, kemarin.

Sri Mulyani menambahkan, kinerja positif dari industri pengolahan juga didukung oleh sektor perdagangan yang pada periode sama juga tercatat memberikan kontribusi kepada penerimaan pajak.

Baca juga: Wow! Ini Pendorong Impor Indonesia pada Maret 2018 Naik Jadi Rp194,16 Triliun

Hingga akhir 31 Maret 2018, industri pengolahan tercatat telah memberikan penerimaan Rp63,91 triliun dengan kontribusi sebesar 28,1 persen. Sementara itu perdagangan Rp53,1 triliun dengan kontribusi 23,3 persen dan pertambangan Rp11,78 triliun dengan kontribusi 5,2 persen.

Di sisi lain, sektor transportasi dan gudang ikut memberikan penerimaan Rp9,61 triliun dengan kontribusi 4,2 persen, administrasi pemerintahan Rp4,29 triliun dengan kontribusi 1,9 persen, dan pertanian Rp4,19 triliun dengan kontribusi 1,8 persen.

Pertumbuhan paling tinggi dari sektor ini adalah industri pertambangan sebesar 70,88 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, diikuti perdagangan 28,64 persen, administrasi pemerintahan 16,8 persen, industri pengolahan 16,72 persen, pertanian 16,21 persen dan transportasi dan gudang 10,76 persen.

Baca juga: Disiapkan! Insentif 3 Kali Potongan Pajak untuk Riset dan Pengembangan

Menteri keuangan menyampaikan, pertumbuhan dimaksud di luar pencapaian yang diperoleh melalui uang tebusan amnesti pajak, Pajak Penghasilan (PPh) Migas, PPh DTP (Ditanggung Pemerintah), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan PPh final revaluasi.

"Kalau dilihat dari sektor usaha ini, yang melonjak itu pertambangan, karena harga komoditas dan volume mulai menunjukkan kenaikan seiring dengan kenaikan permintaan sejak akhir 2017," ujarnya.

Ia memastikan, tumbuhnya realisasi penerimaan pajak dari sektor usaha ini memperlihatkan adanya perbaikan kinerja ekonomi yang terjadi sepanjang triwulan I-2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More