Forgot Password Register

Eks Pansus Century Gate: Kasus Century Tak Serumit Kasus Jessica Sianida

Diskusi Bank Century (Foto: Pantau.com / Sahat Amos Dio) Diskusi Bank Century (Foto: Pantau.com / Sahat Amos Dio)

Pantau.com - Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penuntasan kasus korupsi Bank Century terus menjadi sorotan. Terlebih penyelesaian kasus yang merugikan negara hingga Rp7,4 triliun itu terus molor dan tak kunjung usai. 

Mantan anggota Panitia Khusus (Pansus) Century Gate, Ahmad Yani menilai, KPK tidak serius mengungkap kasus korupsi Bank Century.

"Kasus Bank Century ini sudah terang benderang, kalau penyidik KPK ingin mengusut kasus ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Lebih rumit kasus Jessica sianida," ujarnya di Hotel Century, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Yani yang juga merupakan mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 itu pun sangat menyayangkan pernyataan lembaga anti rasuah yang pada saat itu menyebut bahwa kebijakan pansus Century Gate sarat dengan muatan politik.

"Pansus Century Gate waktu itu kami bekerja siang malam tidak kenal waktu, asumsi KPK saat itu yang menyebutkan hasil pansus merupakan hasil politik, itu dibelokkan," ujarnya.

Baca juga: Abraham Samad: Boediono Terlibat Kasus Century karena Terpaksa

Seperti diketahui, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin 9 April 2018 mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

Dalam putusan PN Jaksel atas gugatan praperadilan tersebut memerintahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menetapkan mantan Wakil Presiden Boediono sebagai tersangka dalam kasus korupsi pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan PT Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Sebelumnya, selain mantan Wapres Boediono, PN Jaksel juga memerintahkan KPK untuk menetapkan empat nama lainnya sebagai tersangka, yakni Muliaman Darmansyah Hadad, Hartadi, Miranda Swaray Gutom, dan Raden Pardede.

"Memerintahkan termohon untuk melakukan proses hukum selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku atas dugaan tindak pidana korupsi Bank Century dalam bentuk melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka terhadap Boediono, Muliaman D Hadad, Raden Pardede, dan kawan-kawan," kata hakim Effendi Mukhtar saat membacakan Putusan tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 9 April 2018. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More