Forgot Password Register

Ekonom Sebut Penurunan Pajak UMKM sebagai Langkah Tepat

Gedung Dirjen Pajak. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi) Gedung Dirjen Pajak. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Penurunan pajak untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dinilai bakal meningkatkan pertumbuhan jenis usaha tersebut sekaligus meningkatkan daya saing UMKM nasional. Hal itu disampaikan peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Novani Karina Saputri.

"Pemerintah menerapkan kebijakan pemangkasan persentase pajak penghasilan UMKM untuk meningkatkan daya saing merupakan langkah yang tepat," katanya, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Menurut Novani, kebijakan itu tidak akan merugikan pemerintah dengan pengurangan potensi penerimaan negara. Karena, sambungnya, idealnya tarif pajak penghasilan berbanding terbalik dengan jumlah investasi. Dengan kata lain semakin rendah tarif pajak maka akan meningkatkan jumlah investasi.

"Dampak positif lain dari kebijakan ini adalah meningkatkan jumlah UMKM dan lapangan kerja untuk masyarakat. Dampak lainnya adalah peningkatan kontribusi UMKM terhadap penerimaan negara," paparnya.

Baca juga: Panglima TNI: Pajak adalah Wujud Cinta Tanah Air

Ia juga mengingatkan bahwa UMKM merupakan sektor yang menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Hingga kini, UMKM telah berkontribusi lebih dari 50 persen dalam PDB Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah akan menurunkan besaran pajak atas usaha kecil menengah (UKM) dari 1 persen menjadi 0,5 persen pada akhir Maret 2018.

"Saya kemarin sebetulnya menawarnya 0,25 persen, tetapi Menteri Keuangan bilang tidak bisa. Ini kalau turunnya sampai sejauh itu, ini akan mempengaruhi penerimaan, pendapatan pemerintahan," kata Presiden Joko Widodo terkait penurunan pajak untuk UKM, saat memberikan sambutan pembukaan Sidang Dewan Pleno II dan Rapat Pimpinan Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tahun 2018, di Tangerang, Banten, Rabu 7 Maret lalu.

Baca juga: Lha... Menteri Keuangan Sebut Pergerakan Kurs dan Harga Minyak Berdampak Positif

Share :
Komentar :

Terkait

Read More